Basmi Kulit Kusam dan Berjerawat dengan “Double Cleansing”

Agestia Jatilarasati | 19 November 2018 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Double cleansing alias membersihkan wajah dengan dua langkah tengah digemari wanita. Teknik ini diklaim dapat membersihkan wajah lebih maksimal. Benarkah?

Double cleansing memang terdengar tidak efisien. Apalagi jika kita tidak memakai riasan tebal, bahkan, tidak pakai riasan sama sekali. Banyak yang merasa cukup melakukan sekali pembersihan dengan cuci muka pakai air dan sabun muka.

Menurut dermatolog dari ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci, double cleansing sangat penting dilakukan. “Mau memakai riasan atau enggak, kita harus membersihkan muka dua kali, dengan pembersih dan sabun muka. Kenapa? Karena debu pasti menempel di muka, terlepas kita pakai riasan atau tidak. Jadi, double cleansing itu harus,” terang Maria kepada Bintang di Jakarta, pekan lalu.

Senada dengan Maria, penata rias artis, Ifan Rivaldi, menyebut double cleansing menghindarkan wajah dari kusam dan jerawat. “Partikel riasan apapun yang masih menempel di wajah pasti memengaruhi kondisi kulit karena menyumbat pori-pori. Nah, tersumbatnya pori-pori akibat tumpukan partikel riasan yang tidak terangkat sempurna inilah yang membuat wajah menjadi kusam, bahkan, berjerawat,” Ifan mengingatkan.

Pertanyaan yang kemudian muncul, berapa kali idealnya double cleansing dilakukan dalam sehari? Artis cantik Chacha Frederica menyarankan double cleansing dilakukan pada malam hari setelah beraktivitas.

“Cuci muka itu tidak perlu sering-sering. Yang penting kualitas pembersihan wajah seperti apa. Double cleansing menurutku metode yang tepat untuk memastikan debu, kotoran, dan sisa riasan di wajah terangkat,” Chacha berpendapat.
    
(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait